Perencanaan Organisasi Tamansiswa

    Bagian dari pengelolaan adalah pembuatan perencanaan atau program (planning). Perencanaan adalah suatu pemikiran tentang langkah-langkah yang akan dilakukan dalam mencapai cita-cita dan tujuan.

Perencanaan berisi:

  1. Apa (What) yang akan dilakukan
  2. Mengapa (Why) harus dilakukan
  3. Bagaimana (How) cara melakukan
  4. Bila/kapan (When) harus dilakukan
  5. Di mana (Where) akan dilakukan
  6. Siapa (Who) pemimpin dan pelaksananya

    Sifat perencanaan harus nyata (realistis), memungkinkan untuk dilaksanakan (able), dan bertahap, yang dibagi dalam jangka panjang, jangka menengah, dan jangka pendek.

    Di Tamansiswa perencanaan jangka panjang dibuat 5 tahunan, jangka menengah 2 1/2 tahunan, dan jangka pendek 1 tahunan. Perenca­naan itu disusun bersama dalam musyawarah anggota. Di Persatuan Tamansiswa (Tingka Pusat) perencanaan jangka panjang dibuat dalam kongres, perencanaan jangka menengah dalam konferensi/rapat kerja nasional, dan perencanaan jangka pendek dibuat dalam rapat Majelis Luhur.

    Di Cabang / Anggota persatuan lainnya, perencanaan jangka panjang dibuat dalam Rapat Cabang/Rapat Anggota Ibu Pawiyatan/ Rapat Pleno Pengurus Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Tamansiswa. Perencanaan jangka menengah dibuat dalam Rapat Anggota, Dan perencanaan jangka pendek dibuat oleh Majelis Cabang/Majelis Ibu Pawiyatan, dan Pengurus Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi.

    Kongres, Konferensi, dan Rapat-Rapat tersebut dihadiri oleh seluruh anggota/utusannya. Diputuskan secara mufakat (aklamasi) dan hasil keputusannya harus dipimpin berdasarkan kebijaksanaan yang telah ditentukan, yaitu : asas Pancasila, landasan perjuangan Asas Tamansiswa 1922, ciri khas Pancadarma dan Tujuan Tertib Damai, Salam dan Bahagia.

Sumber : PENDIDIKAN KETAMANSISWAAAN JILID II Disusun oleh Ki Soenarno Hadiwijoyo Hal.24-25

Tag:, ,

About tamansiswajkt

Trisula (mengakhiri kebodohan, kemiskinan, dan keterbelakangan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: