Asas Pancasila

  Kongres Tamansiswa tahun 1984 memutuskan bahwa dalam berbangsa dan bernegara Kesatuan Republik Indonesia, Persatuan Tamansiswa menggunakan Pancasila sebagai asas organisasinya. Melalui keputusan tersebut maka Persatuan Tamansiswa dalam berbangsa dan bernegara berasas Pancasila, sebagai badan perjuangan kebudayaan dan pembangunan masyarakat berlandasan Asas Tamansiswa 1922, dan dalam upaya dan usahanya berciri khas Pancadarma.  Berasas Pancasila artinya Persatuan Tamansiswa dalam berbangsa dan bernegara menggunakan Pancasila sebagai dasar negara yang di dalamnya mengandung ideologi bangsa, yaitu cita-cita dan tujuan nasional bangsa Indonesia.

   Sebagai dasar negara Pancasila merupakan sumber dari segala sumber hukum negara. Dijabarkan dalam UUD 1945, Undang- Undang, Peraturan Pemerintah, Peraturan Daerah, dan sebagainya. Sebagai warga negara yang berasas Pancasila Persatuan Tamansiswa berkewajiban mematuhi dan mengamalkan segala perundang- undangan yang bersumber dari Pancasila, dengan cara “Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, dan Tutwuri Handayani

   Sebagai ideologi nasional yang berisi cita-cita dan tujuan nasional Indonesia, Pancasila dijabarkan dalam Pembukaan UUD 1945 alinea 2 dan 4. Alinea 2 mengandung pengertian cita-cita nasional yang berasas Pancasila, yaitu masyarakat : Merdeka, Berdaulat, Bersatu, Adil dan makmur.

Sedang alinea 4 mengandung tujuan nasional berdasar Pancasila yaitu:

  1. Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.
  2. Meningkatkan kesejahteraan umum
  3. Mencerdaskan kehidupan bangsa
  4. Turut mewujudkan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

   Bagi Persatuan Tamansiswa, cita-cita nasional dan tujuan nasional yang berdasar Pancasila itu diwujudkan dalam tujuan Tamansiswa yaitu masyarakat TERTIB DAMAI, SALAM DAN BAHAGIA.

   Masyarakat Tertib Damai yang artinya TATA TENTREM identik dengan masyarakat merdeka, berdaulat, bersatu, adil dan makmur. Masyarakat salam dan bahagia identik dengan tujuan nasional sebagai tersebut di atas. Dengan mewujudkan masyarakat tertib damai, salam dan bahagia, maka orang Tamansiswa berarti sudah mengupayakan cita-cita dan tujuan nasional Indonesia.

   Di samping melaksanakan untuk diri sendiri, berdasar sistem Among orang Tamansiswa berkewajiban mengajak seluruh bangsa Indonesia untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila, Caranya adalah dengan Ing ngarsa sung tuladha (membimbing dengari keteladanan), Ing madya mangun karsa (membina dengan membangun semangat berswakarsa) dan Tutwuri Handayani (memerdekakan sambil memberi kekuatan).

Sumber : PENDIDIKAN KETAMANSISWAAAN JILID I Disusun oleh Ki Soenarno Hadiwijoyo Hal.46-47

Tag:, , , , , , , ,

About tamansiswajkt

Trisula (mengakhiri kebodohan, kemiskinan, dan keterbelakangan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: