Bentuk Tamansiswa

  Pada waktu pertama kali didirikan, Tamansiswa berbentuk perguruan, dengan nama Nationaal Onderwijs Instituut Tamansiswa. Pada tahun 1923, karena sudah ada beberapa perguruan Tamansiswa di beberapa daerah, maka dibentuk Persatuan Tamansiswa Berpusat di Mataram (Yogyakarta). Perguruan yang pertama kali didirikan pada tahun 1922 disebut Ibu Pawiyatan Tamansiswa.  Perguruan-perguruan Tamansiswa yang didirikan sesudah tahun 1922 disebut Perguruan  Tamansiswa Cabang ……………..(nama tempat).

  Ibu Pawiyatan Tamansiswa dan perguruan-perguruan Tamansiswa Cabang ……….. merupakan anggota dari Persatuan Tamansiswa.

  Perguruan artinya tempat berguru atau tempat pendidikan dalam arti luas. (Yaitu pendidikan formal, informal, dan non-formal). Ibu Pawiyatan artinya ibu (induk) dari perguruan-perguruan Taman siswa di seluruh Indonesia.

  Di samping bentuk perguruan, ada juga nama Tamansiswa yang berbentuk organisasi. Yaitu organisasi Wanita Tamansiswa, organisasi Persatuan Keluarga Besar Tamansiswa (PKBTS), organisasi Ikatan Pemuda Tamansiswa (IPTS), organisasi Ikatan Mahasiswa Tamansiswa ( IMTS), dan organisasi Persatuan Pelajar Tamansiswa (PPTS).

  Bentuk Tamansiswa selalu berubah-ubah. Dahulu perguruan dilengkapi dengan pondok asrama dan berbentuk tempat pendidikan sekaligus tempat tinggal (wiyata griya). Sekarang pergunian Tamansiswa berbentuk seperti sekolah biasa.

  Namun sifat dan hakekatnya tetap seperti dulu. Sementara untuk mewujudkan Tripusat Pendidikan pada tiap perguruan ada beberapa Pamong yang tinggal di dalamnya, paling sedikit Ketua Perguruannya.

  Nama organisasi dalam lingkungan persatuan Tamansiswapun berubah-ubah. Dulu bernama Persatuan Bekas Murid Tamansiswa (PBMTS), sekarang bernama Persatuan Keluarga Besar Tamansiswa (PKBTS). Dulu PPTS berarti Persatuan Pemuda Tamansiswa, sekarang PPTS berarti Persatuan Pelajar Tamansiswa, yaitu OSIS nya Tamansiswa.

Sumber : PENDIDIKAN KETAMANSISWAAAN JILID I Disusun oleh Ki Soenarno Hadiwijoyo Hal.39-40

Tag:, , , , , , , ,

About tamansiswajkt

Trisula (mengakhiri kebodohan, kemiskinan, dan keterbelakangan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: