Ciri khas Pancadarma

   Yang dimaksud dengan Pancadarma adalah : Kodrat alam, Kebudayaan, Kemerdekaan, Kebangsaan, dan Kemanusiaan. Pancadarma itu disusun oleh Panitia yang diketuai oleh Ki S. Mangunsarkoro.Ditetapkan dalam Kongres Tamansiswa tahun 1947 sebagai dasar perjuangan Tamansiswa.

  Pada Kongres 1984, karena dalam berbangsa dan bernegara Tamansiswa menggunakan Pancasila sebagai asas organisasinya, maka Pancadarma ditetapkan sebagai ciri khas usaha Tamansiswa.

   Sebagai ciri khas usaha Tamansiswa, Pancadarma diartikan bahwa dalam mengusahakan kelestarian dan pengembangan kebudayaan serta dalam mewujudkan masyarakat tertib damai salam dan bahagia Tamansiswa menggunakan : kodrat alam, kebudayaan, kemerdekaan, kebangsaan dan kemanusiaan.

 

 Pelaksanaan usaha yang berciri khas Pancadarma antara lain sebagai berikut:

  1. Berdasarkan Kodrat Alam, maka dalam melakukan usaha, Tamansiswa harus menjunjung tinggi hukum-hukum alam sebagai perwujudan kodrat Tuhan Yang Maha Esa.Hukum alam itu contohnya adalah : air mengalir ke bawah, angin selalu ingin mengisi semua ruang, matahari terbit dari timur, manusia berharkat dan bermartabat sebagai makhluk hidup yang paling sempurna, dan berkodrat sebagai makhluk pribadi sekaligus makhluk sosial.
  2. Berdasar Kebudayaan artinya dalam berusaha, Tamansiswa dengan mempertajam daya cipta, rasa, karsa secara seimbang agar menjadikan manusia yang berbudi pekerti luhur.
  3. Berdasar Kemerdekaan artinya dalam usaha, Tamansiswa harus memerdekakan pikiran dan perbuatan manusia, sejauh tidak mengganggu tertib damainya hidup bersama. Kemerdekaan merupakan karunia Tuhan yang harus dikem­bangkan oleh setiap manusia.
  4. Berdasar Kebangsaan artinya dalam berusaha tidak boleh melupakan persatuan kesatuan bangsa. Hasil usaha harus ditujukan untuk kesejahteraan dan kebahagiaan diri tiap manusia, seluruh bangsa Indonesia, dan seluruh umat manusia sedunia.
  5. Berdasar Kemanusiaan artinya dalam melakukan usaha, Tamansiswa selalu menjunjung tinggi kodrat, harkat, dan martabat manusia.

   Bila setiap usaha Tamansiswa seperti usaha pendidikan, ekonomi, sosial dan lain-lain selalu berciri khas Pancadarma, maka hasilnya akan mewujudkan masyarakat tertib damai, salam bahagia Sebaliknya bila usaha tersebut meninggalkan Pancadarma, maka hasilnya tidak akan sesuai dengan tujuan Tamansiswa.

Sumber : PENDIDIKAN KETAMANSISWAAAN JILID I Disusun oleh Ki Soenarno Hadiwijoyo Hal.52-53

Tag:,

About tamansiswajkt

Trisula (mengakhiri kebodohan, kemiskinan, dan keterbelakangan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: