Pemberian Salam

   Tujuan Taraansiswa adalah terwujudnya masyarakat tertib damai, salam dan bahagia sesuai masyarakat adil makmur ber­dasarkan Pancasila. Untuk selalu mengingatkan tujuan itu tiap kali orang Tamansiswa bertemu baik secara tatap muka ataupun melalui tulisan selalu didahului dengan ucapan “Salam dan Bahagia”, atau disingkat “Salam!.

   Salam artinya selamat lahirnya. Yaitu merasa tercukup: sadang, pangan, perumahan, pendidikan, kesehatan, dan hiburan. Bahagia berarti selamat batinya, yaitu merasa tercukupi kebutuhanya: kebebasan beribadah sesuai dengan kepercayaan dan agamanya, kebebasan berfikir dan berpendapat, kebebasan berkumpul dan berserikat, perlindungan hokum dan keamanan, jaminan hari tua dan sejenisnya.

    Ucapan  salam dan bahagia atau salam saja artinya mendo’akan semoga kita dalam keadaan tercukupi keadaan lahir dan batin, sehinga kita dapat hidup tertib damai.

   Ucapan salam  itu disampaikan oleh mereka yang terlebih dahulu melihat atau mereka yang terlebih dahulu memulai pembicaraan. Kepada yang diberi salam wajib untuk menjawab dengan menyampaikan dengan  ucapan : “Salam !'””

   Di samping mengingatkan tujuan Tamansiswa, ucapan salam juga merupakan penghormatan dan penghargaan kepada kodrat, harkat dan martabat manusia Pemberian  salam berguna untuk mempererat pergaulan atau silahturahim.

Sumber : PENDIDIKAN KETAMANSISWAAAN JILID I Disusun oleh Ki Soenarno Hadiwijoyo Hal.71

Tag:, , ,

About tamansiswajkt

Trisula (mengakhiri kebodohan, kemiskinan, dan keterbelakangan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: