Penggunaan Sebutan Ki,Ni,Nyi

   Organisasi Tamansiswa bersendi hidup demokrasi dan kerakyatan. Hubungan antar orang Tamansiswa harus demokratis dan merakyat. Untuk mewujudkan sikap demokratis dan merakyat itu penyebutan dan penulisan nama orang harus didahului dengan gelar / sebutan Ki,Ni dan Nyi.

   Gelar Ki digunakan untuk menyebut atau menulis semua nama orang laki-laki. Kata Ki berasal dari bahasa Sanskerta “RAKI” yang artinya laki-laki. Gelar Ni digunakan untuk menyebut atau menulis nama orang perempuan yang belum pernah menikah. Kata Ni berasal dari kata “Nini” yang artinya : Gadis, perawan, atau nona.

   Kata Nyi digunakan untuk menyebut atau menulis nama orang perempuan yang sudah pernah menikah. Kata Nyi berasal dari kata Nyai yang artinya Ibu atau Nyonya

   Penggunaan gelar Ki, Ni, dan Nyi dicontohkan oleh Ki Hadjar Dewantara. Agar dapat bertindak demokratis dan merakyat , pada usia 40 tahun Raden Mas Soewardi Suryaningrat membuang gelar kebangsawanannya dan memilih gelar yang dipakai oleh rakyat biasa yaitu Ki Hadjar Dewantara. Melalui sebutan Ki itu beliau lebih mudah untuk bergaul dengan rakyat. Beliau dapat duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi dengan rakyat banyak.

    Melalui penggunaan sebutan Ki, Ni, atau Nyi di depan namanya,di harapkan orang Tamansiswa dapat bersikap demokratis dan merakyat orang Tamansiswa tidak memisahkan diri dari rakyat banyak.

   Orang Tamansiswa harus satu dalam duka, satu dalam suka, dan satu dalam mencapai cita-cita dan tujuan dengan rakyat Indonesia seluruhnya.

Sumber : PENDIDIKAN KETAMANSISWAAAN JILID I Disusun oleh Ki Soenarno Hadiwijoyo Hal.73

Tag:, , ,

About tamansiswajkt

Trisula (mengakhiri kebodohan, kemiskinan, dan keterbelakangan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: