Konsep Dasar Kebudayaan

    Kebudayaan menurut Ki Hadjar Dewantara adalah buah budi manusia yang bersifat luhur dan indah, dan hasil perjuangan hidup manusia dalam menghadapi perubahan alam dan jaman. Sebagai buah budi manusia kebudayaan berupa : ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), reiegiusitas atau keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, etika susila, seni dan keindahan (estetika), dan kecapakan hidiip (life skill). Sebagai hasil perjuangan hidup manusia dalam menghadapi perubahan alam dan jaman kebudayaan berupa hasil-hasil karya manusia dari jaman ke jaman, seperti peralatan rumah tangga, perlaian perang, bentuk-bentuk nanah, dan sebgainya.

Kebudayaan selalu tumbuh dan berkembang seiring per­kembangan pikiran, perasaan, dan kemauan manusia dalam mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan hidupnya.

Menurut Ki Hadjar Dewantara kebudayaan dikembangkan dengan teori TRIKON, yaitu secara kontinyu, konvergen, dan konsentris.

  1. Kontinyu artinya kebudayaan asli yaitu sari-sari dan puncak-puncak kebudayaan di daerah-daerah terus menerus dan secara berkesinambungan dimunculkan
  2. Konvergen artinya kebudayaan asli dipadukan dengan kebudayaan asing yang dipandang dapat memajukan bangsa secara selektif (dipilih dan ditolak) dan adaptif (menyatu seperti air dengan gula).
  3. Konsentris artinya menyatu dengan kebudayaan dunia (mengglobal) dengan catatan masing- masing bangsa tetap membawakan kepribadian masing-masing.

Pengembangan kebudayaan dilakukan melalui pendidikan yaitu pendidikan baik pendidikan di keluarga, di sekolah, mapun di masyarakat.

Sumber : PENDIDIKAN KETAMANSISWAAAN JILID I Disusun oleh Ki Soenarno Hadiwijoyo Hal.105

Tag:, , , , ,

About tamansiswajkt

Trisula (mengakhiri kebodohan, kemiskinan, dan keterbelakangan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: