KONSEP DASAR TAMANSISWA

   Kepribadian Tamansiswa adalah Asas Tamansiswa 1922 , yaitu keterangan asas yang disampaikan oleh Ki Hadjar Dewantara pada pidato beliau ketika’membuka Perguruan Tamansiswa 3 Juli 1922 di Yogyakarta. Asas Tamansiswa itu berisi tujuh pasal, yaitu:

  1. Hak seseorang mengatur diri sendiri dengan mengingat tertib damainya persatuan dalam perikehidupan umum.
  2. Yang kita pakai sebagai alat pendidikan yaitu pemeliharaan dengan sebesar perhatian untuk mendapat tumbuhnya hidup anak lahir dan batin menurut kodratnya sendiri, yang dinamakan Metode Among.
  3. Tentang zaman yang akan datang maka rakyat kita ada di dalam kebingungan. Di dalam kebingungan itu seharusnyalah kita menggunakan peradaban kita sendiri.
  4. Lebih baik memajukan pengajaran untuk rakyat umum dari pada meninggikannya, kalau usaha meninggikan itu sudah dan mengurangi tersebarnya pengajaran.
  5. Untuk dapat berusaha menurut sasa yang merdeka dan leluasa , maka kita harus bekerja menurut kekuatan sendiri (mandiri).
  6. Oleh karena kita bersandar pada kekuatan sendiri, maka haruslah belanja dari usaha kita dipikul sendiri dengan pendapatan biasa.
  7. Dengan tidak terikat lahir dan batin, serta dengan suci hati dan tidak meminta sesatu hak, kita menyerahkan diri untuk mengabdi kepada Sang Anak.

   Menurut Piagam Perjanjian Pendidikan Persatuan Tamansiswa tanggal 7 Agustus 1930, Asas Tamansiswa itu tetap harus dipakai sebagai pokok yang yang tidak boleh berubah, tidak boleh disangkal, dan tidak boleh dikurangi selama nama Tamansiswa hidup terpakai.

Piagam itu ditanda tangani oleh Ki Hadjar Dewantara, atas nama pihak orang-orang yang telah mendirikan Pergruan Tamansiswa sebagai kepribadian Tamansiswa, Asas Tamansiswa 1922 ditetapkan sebagai landasan perjuangan Tamansiswa

Sumber : PENDIDIKAN KETAMANSISWAAAN JILID I Disusun oleh Ki Soenarno Hadiwijoyo Hal.99

Tag:, , ,

About tamansiswajkt

Trisula (mengakhiri kebodohan, kemiskinan, dan keterbelakangan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: