Kurikulum Pendidikan

   Kurikulum pendidikan adalah seperangkat rencana, pengaturan, dan cara yang digunakan dalam kegiatan pendidikan. Kurikulum pendidikan berisi tujuan, bahan, metode, alat, dan evaluasi kegiatan pendidikan. Kurikulum pendidikan merupakan pedoman dalam penyelenggaraan pendidikan, agar kegiatan pendidikan dapat mencapai suatu tujuan. Kurikulum pendidikan di Tamansiswa terdiri dari kurikulum nasional dan Ketamansiswaan.

   Kurikulum nasional di buat oleh Departemen Pendidikan Naisonal berdasarkan Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. Sedang Ketamansiswaan adalah segala sesuatu mengenai Tamansiswa. Melalui kurikulum nasional ditambah Ketamansiswaan itu dimaksudkan bahwa dalam membangun manusia Indonesia, Tamansiswa menggunakan perencanaan dan pengaturan nasional, sedang cara-caranya digunakan cara cara Tamansiswa.

Ada beberapa cara pendidikan di Tamansiswa :

  1. Pendidikan sebagai usaha kebudayaan artinya pendidikan merupakan usaha meningkatkan penguasaan IPEK, IMTAQ, etika, estetika/seni, dan keterampilan berkarya.
  2. Pendidikan bersifat menyeluruh yaitu membimbing tumbuh dan kembangnya jiwa dan raga, lahir dan batin.
  3. Pendidikan bersifat indah (seperti Taman), luhur, dan membawa kemajuan hidup.
  4. Pendidikan dilaksanakan dengan mempertajam daya cipta (koqnisi), daya rasa (afeksi), dan daya karsa (psikomotor) secara seimbang.
  5. Pendidikan menggunakan sistem Tripusat, yang penyelenggaraannya dengan mengharmoniskan tiga lingkungan pendidikan (keluarga sekolah/perguruan – masyarakat (pemerintah dan swasta)
  6. Pendidikan menggunakan sistem Tutwuri Handayani yaitu dengan me­merdekakan peserta didik untuk berkreativitas sesuai dengan kodratnya, melalui keteladanan dan pembangkitan semangat berkemauan.
  7. Pendidikan dilakukan dengan pendekatan teori ajar dan dasar artinya apa yang diajarkan diupayakan sesuai dengan dasar/bakat peserta didik.

   Melalui cara-cara yang demikian diharapkan rencana pendidikan untuk membangun manusia Indonesia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, yang cerdas, terampil, berakhlak mulia, sehat jasmani dan roliani dan mampu hidup mandiri serta hidup sejahtera bahagia bersama bangsa dan negara, dan umat manusia sedunia akan lebih cepat terwujud.

Sumber : PENDIDIKAN KETAMANSISWAAAN JILID III Disusun oleh Ki Soenarno Hadiwijoyo Hal.19-20

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About tamansiswajkt

Trisula (mengakhiri kebodohan, kemiskinan, dan keterbelakangan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: