Metode Among

   Istilah Among adalah bahasa jawa artinya asuh. Momong = mengasuh, dan Pamong = Pengasuh. Metode Among adalah metode mendidik yang beijiwa kekeluargaan dan bersendi kemerdekaan dengan kodrat alam. Berjiwa kekeluargaan yang dimaksud adalah metode Among dilaksanakan dengan dasar kasih sayang sesama, saling menghormati dan menghargai adanya perbedaan, tolong menolong dan gotong royong, demokratis, dan membangun kesatuan persatuan.

   Bersendi kemerdekaan dan kodrat alam yang dimaksud bahwa metode Among memberikan kebebasan/kemerdekaan berkembangnya peserta didik sesuai kodratnya, yaitu sebagai makhluk pribadi sekaligus makhluk sosial.

   Metode Among diciptakan Ki Hajar Dewantara pada tahun 1922 sebagai pengganti metoda kolonial: “perintahan – paksaan – hukuman”

   Metode Among disebut juga metode Tutwuri Handayani, karena pelaksanaannya dengan cara Tutwuri Handayani.Tutwuri artinya memerdekakan dan membebaskan peserta didik untuk mengembangkan kreatipitas. Handayani artinya mengekang dengan perintah, paksaan, dan hukuman. Tutwuri Handayani artinya demokratis, yaitu membebaskan peserta didik berkreativitas dengan tetap memberi kekuatan agar tidak merugikan diri sendiri dan lingkungannya. Melalui metode Among peserta didik ditempatkan sebagai obyek sekaligus sebagai subyek. Artinya, melalui metode Among peserta didik dan Pamong sama-sama aktif.

Ada beberapa metode mengajar yang termasuk dalam metode Among. DI antaranya adalah:

  • metode tanya jawab
  • metode diskusi
  • metode tugas metode
  • karya wisata metode simulasi
  • metode penelitian
  • metode ceramah bervariasi

   Melalui metode Among diharapkan peserta didik mampu menyerap bahan ajaran secara optimal, dengan mengembangkan kreatipitas dan berpikir serta bertindak positif.

Sumber : PENDIDIKAN KETAMANSISWAAAN JILID III Disusun oleh Ki Soenarno Hadiwijoyo Hal.15-16

Tag:, , , , , , ,

About tamansiswajkt

Trisula (mengakhiri kebodohan, kemiskinan, dan keterbelakangan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: