Teori Dasar dan Ajar

   Ajar yang dimaksud adalah pendidikan dan pengajaran. Dasar yang dimaksud adalah bakat atau kodrat pribadi. Teori Dasar dan Ajar adalah teori mendidik atau mengajar dengan mengharmoniskan antara bahan pengajaran dengan bakat peserta didik.

   Pendidikan bermaksud memberi bimbingan tumbuh kembangnya jiwa raga agar kodrat pribadi dan pengaruh lingkungannya memberikan kemajuan hidup kepada peserta didik. Agar kodrat pribadi/bakat dapat lebih maju dan berkembang.maka diperlukan keharmonisan bahan  ajaran dengan bakat.

Contoh : Anak yang sejak lahir memiliki bakat memimpin dan mendapatkan pendidikan tentang kepemimpinan maka ia akan dapat menjadi pemimpin yang ulung,. Sebaiknya, bagi orang yang sejak llahir tidak berbakat memimpin, walau ia belajar banyak, tentang kepemimpinan ia tidak dapat memimpin secara baik. Paling-paling ia hanya dapat mengeritik atau menasehati.

   Untuk dapat mengharmoniskan antara bakat dan bahan ajaran atau jenis pendidikan, maka peserta didik dapat mengetes dirinya, apa sebenarnya bakat  yang dimilikinya sejak lahir. Kemudian melalui bakat itu peserta didik dapat memilih bahan ajaran  dan jurusan yang akan diikuti. Melalui kesesuaian bakat dan bahan ajaran atau  jenis pendidikan maka kemungkinan keberhasilan suatu  pendidikan lebih terjamin.

Sumber : PENDIDIKAN KETAMANSISWAAAN JILID III Disusun oleh Ki Soenarno Hadiwijoyo Hal.17

Tag:,

About tamansiswajkt

Trisula (mengakhiri kebodohan, kemiskinan, dan keterbelakangan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: