Cirikhas Usaha Pancadarma

   Di Tamansiswa, segala usaha harus berciri khas Pancadarma, yaitu Kodrat alam, Kebudayaan, Kemerdekaan, Kebangsaan, dan Kemanusiaan. Begitu juga dalam usaha ekonomi kerakyatan. Usaha berciri khas Pancadarma adalah :

  1.  Berdasar Kodral Alam, maka dalam memberdayakan sumber daya alam tidak melanggar hukum-hukum alam sebagai perwujudan kodrat Tuhan Yang Maha Esa. Contoh : Kalau ayam dikodratkan bertelor l x 1 hari tentu tidak perlu diforsir agar ayam bertelor lebih dari l x 1 hari.
  2. Berdasar Kebudayaan yang dimaksud adalah dalam melakukan usaha agar didasari IPTEK, IMTAQ, ETIKA, ESTETIKA, dan KETERAMPILAN manusia. Hindari hal-hal yang di luar hasil pikiran, perasaan, dan kemauan manusia seperti pemanfaatan roh halus, robot dan sejenisnya.
  3. Berdasar Kemerdekaan yang dimaksud adalah melakukan usaha hendaknya memperhatikan keseimbangan antara hak dan kewajiban dan dilakukan secara swa disiplin.
  4. Hindari adanya otoriterisme, liberalisme, kapitalisme, dan pelanggaran hukum dan perundang-undangan yang ada
  5. Berdasar Kebangsaan yang dimaksud adalah dalam usaha jangan dilupakan fungsi mempersatukan bangsa Indonesia yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia. Hindari sifat-sifat kedaerahan (premordialisme) dan napsu sejahtera bahagia sendiri.
  6. Berdasar Kemanusiaan yang dimaksud adalah dalam usaha harus menempatkan sumber daya manusia sesuai kodratnya (sebagai makhluk pribadi sekaligs sosial), sesuai dengan harkatnya (sama-sama manusia ciptaan Tuhan Yang Maha Esa), dan sesuai martabatnya (makhluk paling sempurna yang berakal / cipta), berperasaan (rasa) dan berkemauan (karsa).
  7. Hindari adanya : perbudakan manusia perdagangan manusia dan memperdayakan manusia (ekplotation de lome parlome).

Melalui cirikhas Pancadarma itu maka tujuan usaha bersama berasas luargaan dalam ekonomi kerakyatan akan lebih nyata perwujudannya.

Sumber : PENDIDIKAN KETAMANSISWAAAN JILID III Disusun oleh Ki Soenarno Hadiwijoyo Hal.90-91

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About tamansiswajkt

Trisula (mengakhiri kebodohan, kemiskinan, dan keterbelakangan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: