Distribusi Hasil Usaha

   Karena usaha ekonomi hakekatnya untuk mewujudkan masyarakat yang tertib damai, salam dan bahagia, maka pendistribusian hasil usaha ekonomi harus menunjang tujuan tersebut. Agar hasil usaha dapat mencapai suasana tertib damai salam dan bahagia maka pendistribusiannya dilakukan dengan dasar kekeluargaan.

  1. Pendistribusian hasil usaha didasari kasih sayang sesama, karenanya harus dilakukan secara merata ke setiap anggota / setiap rakyat secara proforsional
  2. Pendistribusian harus didasari saling menghormati dan saling menghargai perbedaan dan prestasi. Untuk itu pemerataiai perlu dibedakan antara yang berprestasi dan yang belum, antara besar dan kecilnya tanggungjawab dan tugas serta kewajiban.
  3. Dalam melaksanakan usaha ekonomi dengan cara tolong menolong dan gotong royong. Untuk itu bagi vang telah menolong dan telah melaksanakan gotong royong juga perlu diperhatikan.
  4. Diupayakan agar pembagian atau distribusi hasil usaha dapat menunjang suasana salam dan bahagianya anggota / rakyat secara minimal.
  5. Akhirnya pendistribuasian hasil usaha harus dilaksanakan secara merata, adil, benar, jujur, transparan, dan penuh tanggung jawab (akuntan bilitas) serta proforsional.

Melalui cara pendistribusian seperti tersebut di atas maka usaha ekonomi itu akan terkesan tidak adanya buruh dan majikan, tetapi betul-betul sebagai usaha bersama.

Sumber : PENDIDIKAN KETAMANSISWAAAN JILID III Disusun oleh Ki Soenarno Hadiwijoyo Hal.94

Tag:, , ,

About tamansiswajkt

Trisula (mengakhiri kebodohan, kemiskinan, dan keterbelakangan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: