Hidup Tertib Damai, Salam dan Bakagia

   Asas Tamansiswa 1922 yang pertama di samping menjelaskan tentang kemerdekaan juga menyebutkan bahwa Tertib dan Damai merupakan tujuan Tamansiswa yang setinggi-tingginya.Tertib adalah ketertiban kalau tidak bersandar pada kedamaian. Sebaliknya tidak akan ada orang hidup damai, jika ia dirintangi dalam segala syarat kehidupannya. Artinya untuk hidup tertib perlu terlebih dahulu ada kedamaian. Untuk dapat menciptakan kedamaian perlu ada kemerdekaan atau kebebasan.

   Hidup tertib yang dimaksud adalah hidup teratur, tertata, dan swadisiplin. Ada empat ketertiban yang harus diupayakan oleh setiap orang yaitu pertama tertib hidup yaitu teratur dalam berpikir, berperasaan, berkemauan, dan bertindak. Kedua tertib dalam berhubungan dengan Tuhan yaitu beriman, dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Ketiga tertib dalam berhubungan dengan sesama manusia, yaitu sopan santun (etis) dan indah (estetis). Keempat adalah tertib dalam memberdayakan alam sekitai yaitu menjaga kelestarian dan pemberdayaan alam sesuai hukum-hukun alam.

    Hidup damai adalah hidup yang tenteram, tidak gelisah, dan tidak selalu mengeluh. Agar dapat hidup tenteram orang perlu saling kasih sayang, tidak bermusuhan, saling menghargai dan menghormati perbedaan, tidak saling mencela, tolong menolong dan gotong royong, tidak saling menjatuhkan mendiskreditkan. Hidup tertib dan damai adalah hidup tata tentrem.

   Hidup salam dan bahagia adalah hidup yang merasa tercukup kebutuhan lahir dan batinnya. Dengan kemampuan dan hasil yang diperolehnya mereka merasa tercukupi kebutuhan sandang, pancar perumahan, pendidikan, kesehatan, dan hiburan, kebebasan beribadah kebebasan berkumpul dan berpendapat. Hidup salam dan bahagia merupakan sarana untuk hidup damai, dan hidup damai merupakan sarana untuk hidup tertib. Untuk dapat hidup tertib dama salam dan bahagia manusia harus gemar berusaha (makarya) dan hidu sederhana (sekedar ada).

Sumber : PENDIDIKAN KETAMANSISWAAAN JILID III Disusun oleh Ki Soenarno Hadiwijoyo Hal.53

Tag:, , , , , , , ,

About tamansiswajkt

Trisula (mengakhiri kebodohan, kemiskinan, dan keterbelakangan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: