KONSEP DASAR KEBUDAYAAN

   Istilah kebudayaan berasal dari kata budaya, mendapat awalan ke dan akhiran an yang berarti segala sesuatu yang mengandung sifat budaya. Kata budaya, berasal dari akar kata budi dan daya. Budi menurut Ki Hadjar Dewantara adalah jiwa yang sudah masak yaitu pikiran (cipta) yang positif perasaan (rasa) yang halus dan indah, dan kemauan (karsa) yang mulia atau luhur. Sedangkan daya atau kekuatan adalah tenaga (energi) yang dimiliki manusia untuk mewujudkan pikiran, perasaan dan kemauarmya dalam bentuk perbuatan (pekerti).

    Kebudayaan menurut Ki Hadjar Dewantara adalah buah budi dan hasil perjuangan hidup manusia. Sebagai buah budi, kebudayaan mengandung sifat luhur dan halus atau indah. Dan sebagai peijuangan hidup manusia, kebudayaan di samping mengandung sifat luhur dan halus juga mengandung sifat memberi kemajuan hidup dan penghidupan manusia di dalam menghadapi perubahan alam dan jaman.

   Kebudayaan tidak pernah mempunyai bentuk yang tetap. Kebudayaan selalu berkembang mengikuti perkembangan alam dan jamannya. Kadang- kadang kebudayaan yang memudahkan hidup manusia di masa lalu , di jaman sekarang atau yang akan datang akan menyulitkan atau bahkan merugikan. Oleh karena itu kita harus senantiasa menyesuaikan kebudayaan kita dengan tuntutan alam dan jamannya.

   Kebudayaan ialah sifat utuhnya atau globalnya hidup suatu bangsa. Karena itu kebudayaan selalu bersifat nasional. Tinggi rendahnya kebudayaan menunjukkan tinggi rendahnya peradaban suatu bangsa, pada kurun waktu dan alam tertentu.

Sumber : PENDIDIKAN KETAMANSISWAAAN JILID III Disusun oleh Ki Soenarno Hadiwijoyo Hal.36

Iklan

Tag:, , , , ,

About tamansiswajkt

Trisula (mengakhiri kebodohan, kemiskinan, dan keterbelakangan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: