KONSEP DASAR KEMASYARAKATAN

   Manusia dikodratkan Tuhan Yang Maha Esa sebagai makhluk pribadi sekaligus makhluk sosial. Karena di samping memiliki sifat-sifat pribadi (kepribadian) juga memiliki sifat-sifat sosial (kemasyarakatan)

   Sosial (masyarakat) adalah sekelompok manusia yang berasal dari beraneka suku, adat, keturunan (ras), yang memeluk salah satu agama, menempati salah satu tempat, atau mengikuti salah satu ideologi guna mencapai suatu tujuan. Jenis-jenis masyarakat itu antara lain : masyarakat Islam, masyarakat Kristen. Hindu, Budha, masyarakat desa, masyartkat kot% masyarakat Tamansiswa, dan lain lain. Menurut bahasa Sansekerta, masyarakat bersifat Bhineka Tunggai Ika artinya Beraneka suku, adat, keturunan tetapi satu jua.

   Di dunia ini ada berbagai teori kemasyarakatan. Ada teori individual yang mengutamakan kepentingan pribadi dari pada kepentingan masyarakat. Ada teori sosial yang mengutamakan kepentingan sosial/masyarakat dari pada kepentingan pribadi (individu). Dan ada pula teori yang menempatkan kepentingan individu seimbang kepentingan sosial.

Menurut konsepsi Ki Hadjar Dewantara sendi organisasi kemasyarakatan yang cocok bagi bangsa Indonesia adalah “kekeluargaan“. Sendi itu identik dengan cita-cita Perkumpulan Slasa Kliwonan : Mamayu hayuning salira, mamayu hayuning bangsa, mamayu hayuning manungsa (Trihayu). Selanjutnya oleh Perguruan Tamansiswa konsep itu dijadikan konsep dasar kemasyarakatannya Perguruan Tamansiswa.

Sumber : PENDIDIKAN KETAMANSISWAAAN JILID III Disusun oleh Ki Soenarno Hadiwijoyo Hal.64-65

Tag:, , , , , , ,

About tamansiswajkt

Trisula (mengakhiri kebodohan, kemiskinan, dan keterbelakangan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: