Sikap Laku Among

  Yang dimaksud dengan metode Among menurut Asas Tamansiswa 1922 adalah pemeliharaan dengan sebesar perhatian untuk mendapatkan tumbuh kembangnya lahir dan batin hidup manusia menurut kodratnya sendiri. Metode itu merupakan pengganti metode kolonial yang menggunakan cara “paksaan – hukuman – ketertiban

   Orang yang hidup merdeka mereka harus bersikap Among terhadap sesama manusia. Sikap itu menurut Peraturan Besar Persatuan Tamansiswa disebut TRILOGI kepemimpinan yaitu:

  1. Tutwuri Handayan. Tutwuri saja artinya membebaskan (liberal). Handayani saja artinya selalu mengekang (otoriter). Tutwuri Handayani artinya membebaskan manusia sesuai kodratnya dengan mengingat tertib damainya persatuan dalam perikehidupan bersama. Sikap Tutwuri Handayani mengandung sifat demokrasi.
  2. Ing madyo mangun karso, artinya orang yang hidup merdeka, di tengah tengah pergaulan sesama manusia selalu membangun semangat untuk berpikir dan bertindak merdeka.
  3. Ing ngarsa sung tuladha, artinya orang yang hidup merdeka bila memimpin seialu dengan keteladanan. Ia tidak memerintah, memaksa, dan menghukum seperti penguasa. Tetapi ia selalu meneladani orang yang dipimpinya dengan berpikir dan bertindak merdeka, disiplin, dan demokratis.

   Sikap laku Among dapat diterapkan dalam memelihara tanaman, memelihara perdagangan, memelihara negara, memelihara pendidikan dan: sebagainya. Pelaku-pelakunya masing-masing disebut Pamong, seperti Pamong Tani, Pamong Praja,dan sebagainya. Dengan sikap laku among, pemimpin akan bertindak demokratis dan yong dipimpin akan menjadi manusia yang merdeka pikirannya dan merdeka perbuatannya.

 Sumber : PENDIDIKAN KETAMANSISWAAAN JILID III Disusun oleh Ki Soenarno Hadiwijoyo Hal.55

Tag:, , , , , , , , ,

About tamansiswajkt

Trisula (mengakhiri kebodohan, kemiskinan, dan keterbelakangan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: