KEORGANISASIAN DALAM TAMANSISWA

   Istilah organisasi berasal dari kata organ, yang artinya bagan Organisasi adalah rangkaian bagan-bagan yang membentuk suatu wadah. Menurut ilmu manajemen, organisasi berarti wadah kerjasama sekelompok orang dalam mencapai tujuan tertentu. Organisasi Tamansiswa adalah wadah kerja sama anggota-anggota Tamansiswa dalam mencapai masyarakat tertib damai, salam dan bahagia dengan menggunakan konsepsi-konsepsi Ki Hadjar Dewantara.

    Organisasi Tamansiswa yang pertama kali didirikan oleh Ki Hadjar Dewantara pada 3 Juli 1922 di Yogyakarta bernama Nationaal Onderwijs Instituut Tamansiswa atau Perguruan Tamansiswa. Perguruan itu sekarang bernama Ibu Pawiyatan Tamansiswa. Pada tahun 1923 perguruan tersebut bersama perguruan-perguruan Tamansiswa yang berada di beberapa wilayah Indonesia bergabung menjadi Persatuan Tamansiswa yang berpusat di Yogyakarta.

   Untuk mempercepat terwujudnya tujuan Persatuan Tamansiswa. para pelajar, wanita, dan para bekas murid Tamansiswa juga mendirikan organisasi yang menggunakan nama Tamansiswa. Organisasi tersebut adalah:

  1. Organisasi Wanita Tamansiswa yang didirikan tahun 1922
  2. Mulo Kweek School Vereeniging yang sekarang dikenal dengan nama Persatuan Pelajar Tamansiswa (PPTS), didirikan pertama kali pada tahun 1927.
  3. Persatuan Bekas Murid Tamansiswa (PBMTS), yang sekarang berganti nama menjadi Persatuan Keluarga Besar Tamansiswa (PKBTS), didirikan pada 1929.

    Ciri organisasi-organisasi itu adalah berasas, berlandaskan peluangan, berciri khas usaha dan bertujuan sama. Walaupun anggota mereka berbeda, lapangan usaha mereka berbeda, tetapi mereka sama-sama berasas Pancasila, berlandaskan perjuangan Asas Tamansiswa 1922, berciri khas Pancadarma, dan bertujuan mewujudkan masyarakat tertib damai, salam dan bahagia.

 Sumber : PENDIDIKAN KETAMANSISWAAAN JILID 2 Disusun oleh Ki Soenarno Hadiwijoyo Hal.1-2

Tag:, , , , , , , , ,

About tamansiswajkt

Trisula (mengakhiri kebodohan, kemiskinan, dan keterbelakangan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: