Pengawasan

   Pengawasan (controlling) adalah proses pengamatan terhadap pelaksanaan perencanaan, pengorganisasian dan penggerakan. Ada dua macam pengawasan yaitu pengawasan intern dan pengawasan ekstern. Pengawasan intern dilakukan oleh pelaku pelaksanaan dan pengawasan ekstern dilakukan oleh orang di luar pelaku pelaksanaan. Pengawasan intern dan ekstern dapat dilakukan dengan cara evaluasi, ujian, peneliti­an, dan supervisi.

   Evaluasi adalah penilaian yang terus menerus dan berkesinambung­an. Ujian adalah penilaian yang dilakukan sesaat. Penilaian adalah pengamatan berbagai kegiatan. Dan supervisi adalah peninjauan ten­tang pelaksanaan kegiatan. Hasil evaluasi, ujian, penelitian, dan super­visi digunakan untuk perbaikan perencanaan, pengorganisasian, dan penggerakan, agar ketiganya mencapai tujuan dan cita-cita organisasi.

   Di Tamansiswa yang bersendi kekeluargaan, pengawasan harus didasari rasa kasih sayang sesama, penghargaan dan penghormatan hasil usaha seseorang, tolong menolong dan kegotong-royongannya, demokratisasinya, dan penjagaan kesatuan dan persatuannya. Oleh karena itu pengawasan di organisasi Tamansiswa dilakukan 2 cara:

  1. Secara melekat oleh pelaku sendiri, secara intern oleh badan dan orang yang ditugasi dari organisasi, serta oleh masyarakat umum. Oleh diri sendiri para pelaku dilaksanakan dengan mawas diri (instrospeksi). Oleh badan yang ditugasi oleh organisasi seperti Badan Pemeriksa Perbendaharaan (BPP). Oleh masyarakat dilakukan dengan kritik.
  2. Evaluasi, supervisi, dan penilaian yang bersifat terbuka (transparan)
  3. Hasil pengawasan harus dapat dipertanggungjawabkan (akuntabel)
  4. Hasil pengawasan ditujukan untuk perbaikan dan penyempurnaan perencanaan, pengorganisasian, dan penggerakan, serta penghargaan  bagi para pelakunya
  5. Hasil pengawasan tidak digunakan untuk memojokkan    (mendiskreditkan) para pelaku.

Sumber : PENDIDIKAN KETAMANSISWAAAN JILID II Disusun oleh Ki Soenarno Hadiwijoyo Hal.30-31

Iklan

Tag:, , , , ,

About tamansiswajkt

Trisula (mengakhiri kebodohan, kemiskinan, dan keterbelakangan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: