PENGELOLAAN ORGANISASI TAMANSISWA

   Istilah pengelolaan sering disebut dengan istilah tatalaksana atau manajemen. Pengelolaan organisasi Tamansiswa adalah tatalaksana perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengawasan, dan koordinasi. Barang-barang yang dikelola meliputi : anggota (man), uang (money), sarana-prasarana (material), pembaharuan permesinan (meechine), metode (methode), dan tetap merakyat sebagai pasar (market).

   Sesuai ketentuan Peraturan Besar Persatuan Tamansiswa bahwa Organisasi Tamansiswa bersendi kekeluargaan yang merupakan perpaduan dasar demokrasi dan pimpinan kebijaksanaan, maka pengelolaan organisasi Tamansiswa harus didasari : hidup kekeluarga­an, demokrasi, dan pimpinan kebijaksanaan. Ketiganya agar diupaya­kan secara harmonis dan menyatu, mewarnai kehidupan organisasi sehari-hari.

     Berdasarkan sendi kekeluargaan maka pengelolaan organisasi Tamansiswa didasari hidup saling kasih sayang, saling menghormati dan menghargai, saling tolong menolong dan gotong royong. Organisasi juga merupakan perwujudan kesatuan dari berbagai persatuan yang didasari : kodrat alam, kebudayaan, kemerdekaan. kebangsaan, dan kemanusiaan.

   Berdasarkan demokrasi artinya organisasi Tamansiswa dikelola oleh anggota, dari pemikiran aaggota, dan hasilnya untuk semua anggota. Oleh karena itu pimpinan organisasi dipilih oleh musyawarah anggota yaitu dalam rapat, konferensi atau dalam kongres. Perenca­naan perjuangan juga ditentukan dalam musyawarah anggota. Dan hasil perjuangan semata-mata untuk kesejahteraan anggota bersama.

    Berdasar pimpinan kebijaksanaan yang dimaksud adalah pengambilan keputusan dalam musyawarah, di samping secara mufakat juga harus didasari kebijaksanaan yang telah ditentukan sebelumnya. Yaitu kebijaksanaan berasas Pancasila, berlandaskan Asas Tamansiswa 1922, berciri khas Pancadarma, dan bertujuan tertib damai, salam dan bahagia. Hal-hal yang tidak mengandung kebijaksanaan tersebut seyogyanya tidak dilaksanakan.

Sumber : PENDIDIKAN KETAMANSISWAAAN JILID II Disusun oleh Ki Soenarno Hadiwijoyo Hal.22-23

Tag:, ,

About tamansiswajkt

Trisula (mengakhiri kebodohan, kemiskinan, dan keterbelakangan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: