Susunan Organisasi Tamansiswa

   Seperti disebut pada bab satu, di Tamansiswa terdapat macam- macam organisasi. Ada organisasi Perguruan Tamansiswa, Organisasi Wanita Tamansiswa, Persatuan Keluarga Besar Tamansiswa, Persatuan Pemuda Tamansiswa, Ikatan Mahasiswa Tamansiswa, dan lain-lain. Masing-masing organisasi itu memiliki Organisasi Pusat, Organisasi Daerah, dan Organisasi Cabang.

   Organisasi Perguruan Tamansiswa berpusat di Yogyakarta, dengan nama Persatuan Tamansiswa. Memiliki organisasi daerah yang disebut Daerah Bimbingan Tamansiswa, dan memiliki organisasi cabang yang disebut Cabang/Anggota Persatuan Tamansiswa. Persatuan Tamansiswa sebagai Badan pusat perguruan-perguruan Tamansiswa berkedudukan di Yogyakarta dan dipimpin oleh Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa. Daerah Bimbingan Perguruan Tamansiswa dipimpin oleh Pembimbing Daerah Tamansiswa. Ada 5 Daerah Bimbingan Perguruan Tamansiswa, yaitu :

  1. Daerah Bimbingan Sumatera Utara, Barat, Riau, dan Aceh disingkat SUBARIA.
  2. Daerah Bimbingan Sumatera Selatan, Lampung, dan Bengkulu, disingkat SUMSELALU.
  3. Daerah Bimbingan DKI Jakarta dan Jawa Barat disingkat JABARJAYA
  4. Daerah Bimbingan DI Yogyakarta dan Jawa Tengah disingkat JATENG dan DIY.
  5. Daerah Bimbingan Jawa Timur dan Sulawesi disingkat JATIM.

    Sedangkan Cabang/anggota Persatuan Tamansiswa terdiri dari Cabang / Perguruan Tamansiswa yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia. Ibu Pawiyatan Tamansiswa yang berdomisili di Yogyakarta, dan Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Tamansiswa yang terdapat di Yogyakarta, Padang, Palembang, Jakarta, dan Banjarnegara. Masing- masing Cabang-Perguruan Tamansiswa dipimpin oleh Majelis Cabang Tamansiswa. Ibu Pawiyatan Tamansiswa dipimpin oleh Majelis Ibu Pawiyatan Tamansiswa. Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi

    Tamansiswa dipimpin oleh Pengurus Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Tamansiswa. Senada dengan organisasi Perguruan Tamansiswa, organisasi Wanita Tamansiswa dan Persatuan Keluarga Besar Tamansiswa juga memiliki susunan organisasi pusat, organisasi daerah, dan organisasi cabang sebagai anggotanya. Organisasi Pusat Wanita Tamansiswa dipimpin oleh Badan Pusat Wanita Tamansiswa. Organisasi Pusat Persatuan Keluarga Besar Tamansiswa dipimpin oleh Pimpinan Pusat Keluarga Besar Tamansiswa.

Sumber : PENDIDIKAN KETAMANSISWAAAN JILID 2 Disusun oleh Ki Soenarno Hadiwijoyo Hal.6-7

Tag:, , , , , , , , , , , , , ,

About tamansiswajkt

Trisula (mengakhiri kebodohan, kemiskinan, dan keterbelakangan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: