Piagam Peraturan Besar Persatuan Tamansiswa

   Yang dimaksud dengan Piagam adalah Piagam pendirian Persatuan Tamansiswa. Piagam itu dibuat dan ditandatangani oleh Ki Hadjar Dewantara atas nama pendiri perguruan-perguruan Tamansiswa di seluruh Indonesia. Piagam itu dibuat pada tanggal 7 Agustus 1930 berdasarkan keputusan Kongres Persatuan Tamansiswa yang pertama pada tahun 1930. Adapun isi piagam adalah : Ki Hadjar Dewantara atas nama pendiri-pendiri Perguruan Tamansiswa yang didirikan pada 3 Juli 1922 menyerahkan segala pemilikan dan kekuasaannya kepada Persatuan Tamansiswa dengan Asas Tamansiswa 1922 harus tetap dipakai selama nama Tamansiswa hidup terpakai.

    Sedangkan yang dimaksud dengan Peraturan Besar Persatuan Tamansiswa adalah Anggaran Dasar (AD) dan Anggaran Rumah Tangga (ART) Persatuan Tamansiswa. Peraturan Besar itu disusun dalam Kongres Persatuan Tamansiswa yang pertama, dan disempurna­kan tiap kali diselenggarakan Kongres.

Isi Peraturan Besar Persatuan Tamansiswa dibagi menjadi dua bagian. “Bagian pertama” berisi:

  1. Nama dan tempat kedudukan Persatuan Tamansiswa, dasar pendirian, wujud dan sifat Persatuan Tamansiswa.
  2. Asas, landasan perjuangan, ciri khas, konsepsi dasar, visi dan misi, tujuan, usaha dan pembiayaan Persatuan Tamansiswa.
  3. Pendidikan di Persatuan Tamansiswa.
  4. Keorganisasian Persatuan Tamansiswa
  5. Atribut Persatuan Tamansiswa.

Bagian ke dua merupakan penjabaran dari isi bagian pertama. Bagian pertama disebut Peraturan Dasar yang berkedudukan sebagai Anggaran Dasar. Bagian ke dua disebut Peraturan Pelaksanaan yang berkedudukan sebagai Anggaran Rumah Tangga

     Peraturan Besar Persatuan Tamansiswa merupakan pedoman bagi orang-orang Tamansiswa dalam melakukan usaha mewujudkan visi Persatuan Tamansiswa sebagai badan perjuangan kebudayaan dan pembangunan masyarakat Sesuai namanya Peraturan Besar, isinya hanya memuat ketentuan-ketentuan pokok dalam bentuk garis besar. Dalam pelaksanaannya anggota Persatuan Tamansiswa dibolehkan membuat ketentuan yang disesuaikan dengan kebutuhan Cabang/ Perguruan, sejauh ketentuan itu tidak bertentangan dengan isi Peraturan Besar.

Sumber : PENDIDIKAN KETAMANSISWAAAN JILID II Disusun oleh Ki Soenarno Hadiwijoyo Hal.70-71

Tag:, , ,

About tamansiswajkt

Trisula (mengakhiri kebodohan, kemiskinan, dan keterbelakangan)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: